Home » » SIstem Administrasi Rumah Sakit ( Besar )

SIstem Administrasi Rumah Sakit ( Besar )

PROYEK SISTEM ADMIN RUMAH SAKIT ( SAR ) PROYEK SISTEM ADMINISTRASI RUMAH SAKIT ( SAR ) 

Pencapaian dan penciptaan pelanggan loyal merupakan target penting di setiap kebijakan dalam pemasaran. Loyalitas pelanggan muncul karena adanya “rasa puas” atas layanan yang diberikan. Layanan yang baik, mampu menggerakan dan menciptakan promosi yang sangat efektif yaitu promosi dari mulut ke mulut terutama yang dilakukan oleh anggota keluarga dari pelanggan yang merasa terpuaskan.

Perkembangan teknologi menjadikan masyarakat begitu mudahnya mendapatkan informasi layanan suatu lembaga / organisasi. Sehingga Rumah Sakit dituntut untuk proaktif memanajemen segenap sumber daya dan mau-tidak-mau harus menerapkan teknologi informasi terintegrasi sebaik mungkin agar tercipta produk pelayanan yang excellence dan kompetitif.

Ketika seorang pasien rawat inap ingin mengetahui REKAP BIAYA tagihan (billing), sangat terlihat DENGAN JELAS apakah rumah sakit tersebut menerapkan sistem administrasi manual (kuno) atau memakai teknologi informasi sistem administrasi komputer terpadu MODERN ? inilah gambarannya:
  • Sistem manajemen KUNO : personal administrasi sibuk mengumpulkan bukti-bukti transaksi pasien di berbagai bagian yang terlibat (mulai bagian registrasi, apotek, kamar, laboratorium, dll.), kemudian merekap dalam buku besar, dan melakukan kalkulasi per transaksi dan menyusun lembar rekap / laporan dan memberikan kertas rekap ke peminta.
  • Sistem manajemen berteknologi informatika MODERN : personal administrasi cukup klik menu rekap billing pasien yang tersedia di software aplikasi manajemen rumah sakit, memilih nama pasien, dan dalam sekejab bisa mencetak billingnya.

Software  Sistem Administrasi Rumah Sakit ( S.A.R )

Software Sistem Administrasi Rumah Sakit (SAR) adalah aplikasi komputer yang diprogram khusus untuk mengelola Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. SAR mampu beroperasi secara real-time (terus menerus), memakai sistem database terpusat (cline-server), dan multi-user sehingga setiap PC bagian kerja bisa saling mengakses data tersebut sesuai pengaturan hak-akses-nya.

Dengan demikian, SAR mampu menghasilkan output pelayanan informasi yang prima, cepat, efesien, dan akurat yang disediakan untuk pasien, bagian administrator, dan eksekutif. Aplikasi ini juga mampu mengelola dokumentasi berkesinambungan, bertahun-tahun, dan mampu mengeliminasi kebocoran dan kerugian yang biasa dihasilkan dari proses manual.

Aplikasi SAR terdiri dari modul-modul administrasi yang terintegrasi dalam sebuah sistem database terpusat. Diproduksi dalam program desktop executable bukan berbasis WEB (open source). Tetapi memakai database MYSQL yang support multi user (multiplatform) dan fleksibel, dengan demikian sangat mudah untuk dikembangkan dengan berbagai bahasa pemrograman termasuk berbasis WEB untuk melengkapi fitur yang tersedia.

Mengapa SAR tidak diprogram dengan berbasis WEB? Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pemrograman berbasis web ini berteknologi OPEN SOURCE. Telah kita ketahui bersama, bahwa setiap sistem administrasi tidak bisa lepas dari kalkulasi-kalkulasi dan link-link data yang sangat vital – privasi dan diwajibkan keakhuratannya. Dengan aplikasi open source, sangat mudah untuk diubah dan dimodifikasi orang-orang yang tidak bertanggungjawab. 

Sistem registrasi dan lisensi SAR memakai NAMA DAN ALAMAT organisasi, dengan demikian tim teknis Anda dengan mudah melakukan instalasi di berbagai PC jaringan di setiap bagian administrasi dan mengatur haknya sesuai fitur yang disediakan. Caranya, cukup masukkan CD Master Set-Up yang kami sediakan maka proses instalasi akan dilakukan secara otomatis seperti halnya menginstall apilkasi desktop pada umumnya. Dan bisa - tanpa harus mendatangkan tim kami, sehingga ketergantungan sistem ini dengan pihak luar menjadi kecil. Begitu juga ketika terjadi kerusakan aplikasi, cukup dilakukan set-up ulang memakai CD yang kami sediakan.

Modul Administrasi Software S.A.R

SAR yang akan kami rancang merupakan aplikasi pemrograman terintegrasi, terdiri dari modul-modul bagian administrasi, dan bisa dikembangkan sesuai kebutuhan di kemudian hari. Fitur setiap modul pemrograman secara umum dilengkapi fasilitas: proteksi hak akses user pencarian, penghapusan, penambahan data, pengeditan, pembuatan laporan/report, dan ekspor data ke Ms.Excel .

Berikut kami berikan contoh 11 modul pemrograman utama dalam aplikasi SIM Rumah Sakit pada umumnya:

         1. Bagian Administrator (Menyesuaikan Modul)
1. Setting PasienSetting
2. Dokter Spesilis dan ICD 
3. Setting Kamar
4. Setting Obat
5. Setting Jasa Radiologi
6. Setting Jasa Laborat
7. Setting Jasa Lain-lain
8. Setting Lain-lain (sesuai kebutuhan).

2. Bagian Pendaftaran

1. Registrasi dan Manajemen Pasien
2. Pendaftaran Rawat Jalan
3. Pendaftaran Rawat Inap
4. Laporan Rekap Pendaftaran Per Periode

3. Bagian RM Rawat Jalan

1. Administrasi Rawat Jalan
2. Diagnosa Pasien & ICD
3. Cetak History Data Pasien

4. Bagian Rawat Inap

1. Rekam Kunjungan Dokter
2. Rekam Tindakan Dokter
3. Rekam Tindakan Paramedis
4. Rekam Penggunaan Oksigen
5. Rekam Penggunaan Ambulan
6. Rekam Billing Kamar Tindakan
7. Rekam Jasa Biaya Lain-lain Pasien
8. Resume Pasien Keluar
9. Posting Administrasi Pasien Pulang

5. Bagian Apotek

1. Adm. Penjualan Obat
2. Retur Obat Rwt. Jalan
3. Retur Obat Rwt. Inap
4. Slow/Fast Moving
5. Obat Kadaluarsa
6. Margin Kelompok Obat
7. Jasa Resep & Jasa Racikan
8. Laporan Penjualan
9. Laporan Jasa Resep Dokter

6. Bagian Farmasi

1. Informasi Stok Obat
2. Informasi Stok Obat Kritis
3. Administrasi Gudang
4. Rekam Data Obat & Alkes
5. Rekam Data Obat Khusus
6. Pemesanan Barang
7. Edit Pemesanan Barang
8. Penerimaan Barang
9. Edit Penerimaan Barang
10. Distribusi Barang
11. Pengembalian Obat
12. Laporan Pembelian
13. Lap. Distribusi Barang Rusak
14. Pengajuan Pembayaran PBF
15. Pembayaran PBF
16. Stok Opname Obat & Alkes

7. Bagian Laboratorium

1. Rekam Billing Laboratorium
2. Laporan Hasil Pemeriksaan
3. Pengambilan Hasil Pemeriksaan
4. Laporan Transaksi

8. Bagian Radiologi

1. Rekam Billing Radiologi
2. Rekam Analisa Foto
3. Pengambilan Hasil Foto
4. Laporan Transaksi

9. Bagian Keuangan

1. Lap. Penerimaan Rawat Jalan
2. Lap. Penerimaan Rawat Inap
3. Lap. Jasa Medis Rawat Jalan

10. Bagian Kasir

1. Kasir Rawat Jalan / UGD
2. Kasir Rawat Inap
3. Kasir Rawat Jalan - Karyawan

11. Bagian Personalia

1. Administrasi Data
2. Absensi Karyawan


BIAYA  PENGERJAAN

Pada dasarnya setiap modul saling terkait, maka apapun modul yang akan dikerjakan maka tidak lepas dari modul bagian administrator, sehingga modul ini harus diorder. Berikut paket yang kami tawarkan:

PAKET – I Rp. 35,500,000.-

1.      Bagian Administrator ( Menyesuaikan Modul )
2.      Bagian Pendaftaran
3.      Bagian RM Rawat Jalan & amp; Diagnosis
4.      Bagian Keuangan
5.      Bagian Kasir 

PAKET – II Rp. 48,000,000.-

1.      Bagian Administrator (Menyesuaikan Modul) -
2.      Bagian Pendaftaran
3.      Bagian RM Rawat Jalan & Diagnosis
4.      Bagian Rawat Inap
5.      Bagian Laboratorium
6.      Bagian Radiologi
7.      Bagian Keuangan 
8.   Bagian Kasir  

PAKET – III Rp. 65,500,000; 

1.      Bagian Administrator (Menyesuaikan Modul) -
2.      Bagian Pendaftaran
3.      Bagian RM Rawat Jalan & Diagnosis
4.      Bagian Rawat Inap
5.      Bagian Apotek
6.      Bagian Farmasi
7.      Bagian Laboratorium
8.      Bagian Radiologi
9.      Bagian Keuangan 
10.   Bagian Kasir 

PAKET – IV Rp. 85,000,000.-

1.      Bagian Administrator (Menyesuaikan Modul) -
2.      Bagian Pendaftaran
3.      Bagian RM Rawat Jalan & Diagnosis
4.      Bagian Rawat Inap
5.      Bagian Apotek
6.      Bagian Farmasi
7.      Bagian Laboratorium
8.      Bagian Radiologi
9.      Bagian Keuangan
10. Bagian Kasir
11. Bagian Personalia 


KALENDER  PENGERJAAN
Pengerjaan bisa bertahap dengan pembayaran minimal 75% di awal saat pengajuan pengerjaan PAKET yang dipilih. Pengerjaan pengembangan PAKET lain dikemudian hari, untuk Rumah Sakit yang sama, tinggal menambah biaya selisihnya anatar paket lebih tinggi dengan sebelumnya (lebih rendah) selama ketentuan harga tersebut masih berlaku. Penambahan fitur di luar deskripsi di atas akan dikenakan biaya terpisah.



Ketentuan Lain-lain
  • Pengerjaan di lokasi, harus disediakan ruang IT dan personal pendamping yang faham manajemen total.
  • Setelah calon klien memilih paket maka akan dibuat proposal lebih detail dan akan diadakan survey dokumen dan contoh input-output untuk disesuiakn dengan fitur yang akan dikerjakan.
  • Pihak pengorder menyediakan data-data yang kami perlukan misal: Data Organisasi, ICD, Jenis Layanan, Data Spesialis, Jenis Perawatan, Contoh Kwitansi, Contoh Form Laporan2, dll.
  • Pengerjaan per modul sekitar 1 minggu, dengan pelatihan 1x 3-6 jam per modul, dengan peserta bebas.
  • Programmer tidak bertanggungjawab atas ENTRI dan DATA selama operasional.
  • Hak cipta sepenuhnya milik programmer, dan pihak klien akan mendapatkan CD Master Set-Up SIM-RS versi demo (pemakaian terbatas). Aplikasi berisi file executable, tercompile, dan bukan source.
  • Versi demo akan menjadi versi penuh setelah dilakukan aktifasi memakai KEY registrasi yang akan kami berikan setelah terjadi pelunasan proyek per PAKET.
  • Aplikasi bebas diinstal di banyak komputer selama memakai NAMA dan ALAMAT RUMAHSAKIT yang sama ketika order.
  • Garansi aplikasi selama 12 bulan, jika terjadi BUG program, dan bukan penambahan fitur baru (di luar persetujuan).
  • Aplikasi memakai database MYSQL, dilengkapi autobackup data, suport jaringan PC, multi user, dan support BARCODE dan MINI PRINT.
  • Biaya tersebut belum termasuk transportasi dan akomodasi ke atau selama di lokasi, dan biaya maintenance di kemudian hari jika diperlukan. 


Beli Produk Ini | Download Versi Demo | Hubungi Kami


Terima kasih atas kunjungan anda

2 komentar:

  1. terima kasih atas publikasinya

    BalasHapus
  2. Apakah perusahaan saudara dapat mengikuti lelang konsultan sim rs

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan anda, Mohon maaf jika komentar anda tidak bisa langsung kami balas. Untuk fast respon slahkan kontak / SMS ke nomer kami 085643365879 / 085200299725