PROYEK SISTEM ADMIN RUMAH SAKIT ( SAR )
PROYEK SISTEM ADMINISTRASI RUMAH SAKIT ( SAR )
|
Pencapaian dan penciptaan pelanggan loyal
merupakan target penting di setiap kebijakan dalam pemasaran. Loyalitas
pelanggan muncul karena adanya “rasa puas” atas layanan yang
diberikan. Layanan yang baik, mampu menggerakan dan menciptakan promosi yang
sangat efektif yaitu promosi dari mulut ke mulut terutama yang dilakukan oleh
anggota keluarga dari pelanggan yang merasa terpuaskan.
Perkembangan teknologi menjadikan
masyarakat begitu mudahnya mendapatkan informasi layanan suatu lembaga /
organisasi. Sehingga Rumah Sakit dituntut untuk proaktif
memanajemen segenap sumber daya dan mau-tidak-mau harus menerapkan teknologi
informasi terintegrasi sebaik mungkin agar tercipta produk pelayanan yang
excellence dan kompetitif.
Ketika seorang pasien rawat inap ingin
mengetahui REKAP BIAYA tagihan (billing), sangat terlihat DENGAN
JELAS apakah rumah sakit tersebut menerapkan sistem administrasi
manual (kuno) atau memakai teknologi informasi sistem administrasi komputer
terpadu MODERN ? inilah gambarannya:
- Sistem
manajemen KUNO :
personal administrasi sibuk mengumpulkan bukti-bukti transaksi pasien di
berbagai bagian yang terlibat (mulai bagian registrasi, apotek, kamar,
laboratorium, dll.), kemudian merekap dalam buku besar, dan melakukan
kalkulasi per transaksi dan menyusun lembar rekap / laporan dan memberikan
kertas rekap ke peminta.
- Sistem
manajemen berteknologi informatika MODERN : personal administrasi
cukup klik menu rekap billing pasien yang tersedia di software aplikasi
manajemen rumah sakit, memilih nama pasien, dan dalam sekejab bisa
mencetak billingnya.
Software Sistem Administrasi Rumah
Sakit ( S.A.R )
Software Sistem Administrasi
Rumah Sakit (SAR) adalah aplikasi komputer yang diprogram khusus untuk
mengelola Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. SAR mampu
beroperasi secara real-time (terus menerus), memakai sistem database terpusat
(cline-server), dan multi-user sehingga setiap PC bagian kerja bisa saling
mengakses data tersebut sesuai pengaturan hak-akses-nya.
Dengan demikian, SAR mampu menghasilkan
output pelayanan informasi yang prima, cepat, efesien, dan akurat yang
disediakan untuk pasien, bagian administrator, dan eksekutif. Aplikasi ini juga
mampu mengelola dokumentasi berkesinambungan, bertahun-tahun, dan mampu
mengeliminasi kebocoran dan kerugian yang biasa dihasilkan dari proses manual.
Aplikasi SAR terdiri dari
modul-modul administrasi yang terintegrasi dalam sebuah sistem
database terpusat. Diproduksi dalam program desktop executable bukan
berbasis WEB (open source). Tetapi memakai database MYSQL yang support multi
user (multiplatform) dan fleksibel, dengan demikian sangat mudah untuk
dikembangkan dengan berbagai bahasa pemrograman termasuk berbasis WEB untuk
melengkapi fitur yang tersedia.
Mengapa SAR tidak diprogram dengan
berbasis WEB? Sebagaimana kita ketahui bersama
bahwa pemrograman berbasis web ini berteknologi OPEN SOURCE. Telah kita ketahui
bersama, bahwa setiap sistem administrasi tidak bisa lepas dari
kalkulasi-kalkulasi dan link-link data yang sangat vital – privasi dan
diwajibkan keakhuratannya. Dengan aplikasi open source, sangat mudah untuk
diubah dan dimodifikasi orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
Sistem registrasi dan lisensi SAR memakai NAMA
DAN ALAMAT organisasi, dengan demikian tim teknis Anda dengan mudah
melakukan instalasi di berbagai PC jaringan di setiap bagian administrasi dan
mengatur haknya sesuai fitur yang disediakan. Caranya, cukup masukkan CD
Master Set-Up yang kami sediakan maka proses instalasi akan dilakukan
secara otomatis seperti halnya menginstall apilkasi desktop pada umumnya. Dan
bisa - tanpa harus mendatangkan tim kami, sehingga ketergantungan sistem ini
dengan pihak luar menjadi kecil. Begitu juga ketika terjadi kerusakan aplikasi,
cukup dilakukan set-up ulang memakai CD yang kami sediakan.
Modul Administrasi Software S.A.R
SAR yang akan kami rancang merupakan
aplikasi pemrograman terintegrasi, terdiri dari modul-modul bagian
administrasi, dan bisa dikembangkan sesuai kebutuhan di kemudian hari. Fitur
setiap modul pemrograman secara umum dilengkapi fasilitas: proteksi
hak akses user , pencarian, penghapusan, penambahan
data, pengeditan, pembuatan laporan/report, dan ekspor data ke Ms.Excel .
Berikut kami berikan contoh 11 modul
pemrograman utama dalam aplikasi SIM Rumah Sakit pada umumnya:
1. Bagian Administrator (Menyesuaikan Modul)
1. Setting PasienSetting
2. Dokter Spesilis dan ICD
3. Setting Kamar
4. Setting Obat
5. Setting Jasa Radiologi
6. Setting Jasa Laborat
7. Setting Jasa Lain-lain
8. Setting Lain-lain (sesuai kebutuhan).
2. Bagian Pendaftaran
1. Registrasi dan Manajemen Pasien
2. Pendaftaran Rawat Jalan
3. Pendaftaran Rawat Inap
4. Laporan Rekap Pendaftaran Per Periode
3. Bagian RM Rawat Jalan
1. Administrasi Rawat Jalan
2. Diagnosa Pasien & ICD
3. Cetak History Data Pasien
4. Bagian Rawat Inap
1. Rekam Kunjungan Dokter
2. Rekam Tindakan Dokter
3. Rekam Tindakan Paramedis
4. Rekam Penggunaan Oksigen
5. Rekam Penggunaan Ambulan
6. Rekam Billing Kamar Tindakan
7. Rekam Jasa Biaya Lain-lain Pasien
8. Resume Pasien Keluar
9. Posting Administrasi Pasien Pulang
5. Bagian Apotek
1. Adm. Penjualan Obat
2. Retur Obat Rwt. Jalan
3. Retur Obat Rwt. Inap
4. Slow/Fast Moving
5. Obat Kadaluarsa
6. Margin Kelompok Obat
7. Jasa Resep & Jasa Racikan
8. Laporan Penjualan
9. Laporan Jasa Resep Dokter
6. Bagian Farmasi
1. Informasi Stok Obat
2. Informasi Stok Obat Kritis
3. Administrasi Gudang
4. Rekam Data Obat & Alkes
5. Rekam Data Obat Khusus
6. Pemesanan Barang
7. Edit Pemesanan Barang
8. Penerimaan Barang
9. Edit Penerimaan Barang
10. Distribusi Barang
11. Pengembalian Obat
12. Laporan Pembelian
13. Lap. Distribusi Barang Rusak
14. Pengajuan Pembayaran PBF
15. Pembayaran PBF
16. Stok Opname Obat & Alkes
7. Bagian Laboratorium
1. Rekam Billing Laboratorium
2. Laporan Hasil Pemeriksaan
3. Pengambilan Hasil Pemeriksaan
4. Laporan Transaksi
8. Bagian Radiologi
1. Rekam Billing Radiologi
2. Rekam Analisa Foto
3. Pengambilan Hasil Foto
4. Laporan Transaksi
9. Bagian Keuangan
1. Lap. Penerimaan Rawat Jalan
2. Lap. Penerimaan Rawat Inap
3. Lap. Jasa Medis Rawat Jalan
10. Bagian Kasir
1. Kasir Rawat Jalan / UGD
2. Kasir Rawat Inap
3. Kasir Rawat Jalan - Karyawan
11. Bagian Personalia
1. Administrasi Data
2. Absensi Karyawan
BIAYA PENGERJAAN
Pada dasarnya setiap modul saling
terkait, maka apapun modul yang akan dikerjakan maka tidak lepas dari modul
bagian administrator, sehingga modul ini harus diorder.
Berikut paket yang kami tawarkan:
PAKET – I Rp. 35,500,000.-
1. Bagian
Administrator ( Menyesuaikan Modul )
2. Bagian
Pendaftaran
3. Bagian
RM Rawat Jalan & amp; Diagnosis
4. Bagian
Keuangan
5. Bagian
Kasir
PAKET – II Rp. 48,000,000.-
1. Bagian
Administrator (Menyesuaikan Modul) -
2. Bagian
Pendaftaran
3. Bagian
RM Rawat Jalan & Diagnosis
4. Bagian
Rawat Inap
5. Bagian
Laboratorium
6. Bagian
Radiologi
7. Bagian
Keuangan
8. Bagian Kasir
PAKET – III Rp. 65,500,000;
1. Bagian
Administrator (Menyesuaikan Modul) -
2. Bagian
Pendaftaran
3. Bagian
RM Rawat Jalan & Diagnosis
4. Bagian
Rawat Inap
5. Bagian
Apotek
6. Bagian
Farmasi
7. Bagian
Laboratorium
8. Bagian
Radiologi
9. Bagian
Keuangan
10. Bagian Kasir
PAKET – IV Rp. 85,000,000.-
1. Bagian
Administrator (Menyesuaikan Modul) -
2. Bagian
Pendaftaran
3. Bagian
RM Rawat Jalan & Diagnosis
4. Bagian
Rawat Inap
5. Bagian
Apotek
6. Bagian
Farmasi
7. Bagian
Laboratorium
8. Bagian
Radiologi
9. Bagian
Keuangan
10. Bagian Kasir
11. Bagian Personalia
KALENDER PENGERJAAN
Pengerjaan bisa bertahap dengan
pembayaran minimal 75% di awal saat pengajuan pengerjaan PAKET yang dipilih.
Pengerjaan pengembangan PAKET lain dikemudian hari, untuk Rumah Sakit yang
sama, tinggal menambah biaya selisihnya anatar paket lebih tinggi dengan
sebelumnya (lebih rendah) selama ketentuan harga tersebut masih berlaku.
Penambahan fitur di luar deskripsi di atas akan dikenakan biaya terpisah.
Ketentuan Lain-lain
- Pengerjaan
di lokasi, harus disediakan ruang IT dan personal pendamping yang faham
manajemen total.
- Setelah
calon klien memilih paket maka akan dibuat proposal lebih detail dan akan
diadakan survey dokumen dan contoh input-output untuk disesuiakn dengan
fitur yang akan dikerjakan.
- Pihak
pengorder menyediakan data-data yang kami perlukan misal: Data Organisasi,
ICD, Jenis Layanan, Data Spesialis, Jenis Perawatan, Contoh Kwitansi,
Contoh Form Laporan2, dll.
- Pengerjaan
per modul sekitar 1 minggu, dengan pelatihan 1x 3-6 jam per modul, dengan
peserta bebas.
- Programmer
tidak bertanggungjawab atas ENTRI dan DATA selama operasional.
- Hak
cipta sepenuhnya milik programmer, dan pihak klien akan mendapatkan CD
Master Set-Up SIM-RS versi demo (pemakaian terbatas). Aplikasi berisi file
executable, tercompile, dan bukan source.
- Versi
demo akan menjadi versi penuh setelah dilakukan aktifasi memakai KEY
registrasi yang akan kami berikan setelah terjadi pelunasan proyek per
PAKET.
- Aplikasi
bebas diinstal di banyak komputer selama memakai NAMA dan ALAMAT
RUMAHSAKIT yang sama ketika order.
- Garansi
aplikasi selama 12 bulan, jika terjadi BUG program, dan bukan penambahan
fitur baru (di luar persetujuan).
- Aplikasi
memakai database MYSQL, dilengkapi autobackup data, suport jaringan PC,
multi user, dan support BARCODE dan MINI PRINT.
- Biaya
tersebut belum termasuk transportasi dan akomodasi ke atau selama di
lokasi, dan biaya maintenance di kemudian hari jika diperlukan.
Beli Produk Ini | Download Versi Demo | Hubungi Kami
Terima kasih atas kunjungan anda
terima kasih atas publikasinya
BalasHapusApakah perusahaan saudara dapat mengikuti lelang konsultan sim rs
BalasHapus